- · Pengertian Telematika
Telematika berasal dari bahasa perancis “Telematique” yang merujuk pada
bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi
Informasi merujuk pada sarana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan,
pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian,
dan penggunaan data yang bermakna.
Para praktisi menyatakan bahwa “Telematics“
adalah singkatan dari “Telecommunication”
and “informatics” sebagai wujud dari
perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal
sebagai “the new hybrid technology”
yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu
perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu
(konvergensi). Semula media masih belum menjadi bagian integral dari isu
konvergensi teknologi informasi komunikasi pada saat itu.
Alfin Toffler berpendapat bahwa teknologi
telekomunikasi dan informatika, kini populer dengan nama telematika
(Yuliar,2007). Menurut Yusuf Hadi Miarso (2007) telematika merupakan sinergi
teknologi telekomunikasi dan informatika untuk keperluan pemrosesan data dengan
sistem binary (digital). Telekomunikasi adalah sistem hubungan jarak jauh yang
terjalin melalui saluran kabel dan nirkabel (gelombang suara, elektromagnetik,
dan cahaya). Sedangkan informatika adalah pengelolaan data yang bermakna dengan
sistem binary (digital). Istilah Teknologi dan Komunikasi (ICT = Information
and Communication Technology) yang lebih dikenal sekarang ini bermaksud
memperluas pengertian telematika.
- · Sejarah Telematika
Awal Mula
Lahirnya Telematika
Telematika, pada awalnya dikembangkan disisi internet.
Ketika komputer tersebar luas kebutuhan akan suatu cara mudah untuk menukar
data tumbuh berkembang. Ini adalah ketika teknologi telekomunikasi telah
digunakan untuk menghubungkan antar computer dan kemudian telematika
dilahirkan. Telematika adalah jawaban dari keprihatinan yang terjadi pada tahun
1976 di Perancism ketika itu perkembangan aplikasi computer telah merubah
organisasi ekonomi dan social masyarakat. Istilah telematika pertama kali
digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya
L'informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata
dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata: telekomunikasi
dan informatika.
Perkembangan
Telematika Saat Ini
Saat ini banyak bidang yang memanfaatkan telematika,
seperti bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi
kebutuhan konsumen mereka seperti telekomunikasi lewat telepon, saluran
televise, radio, dan media lainnya, bahkan sistem pelacakan navigasi secara
realtime berbasis satelit yang disebut GPS (Global Positoning System). Dalam
penerapannya, telematika menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan, dan
penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan
pengaruh pengendalian / kontrol pada objek jarak jauh. Dalam penerapan di
bidang navigasi, telematika membutuhkan perangkat GPS sebagai perangkat
pengiriman data, lalu data telematika diterima oleh layanan (vendor) seluler
dan diterukan ke pelanggan. Kemudian data telematika disimpan oleh pelanggan di
device telekomunikasi seperti handphone, pda, dan smartphone.
·
Sejarah
Telematika Di Indonesia
Di Indonesia, perkembangan teknologi
telematika mengalami tiga periode. Pertama adalah periode rintisan yang
berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Periode
kedua disebut pengenalan, rentang waktunya adalah tahun 1990-an, dan yang
terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000.
- Perkembangan Telematika
1. Periode
Rintisan
Sejarah telematika mulai ditegaskan
dengan digariskannya arti telematika pada tahun 1978 oleh warga Prancis. Mulai
tahun 1970-an inilah Toffler menyebutnya sebagai zaman informasi. Namun
demikian, dengan perhatian yang minim dan pasokan listrik yang terbatas,
Indonesia tidak cukup mengindahkan perkembangan telematika.
2. Periode
Pengenalan
Periode satu dasawarsa ini, tahun
1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat
mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri
marak pada awal tahun 1990.Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994. ISP
(Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan dalam
tahun yang sama, beroperasi ISP komersil pertama, yaitu INDOnet. Hal ini juga
didukung dengan hadirnya televisi swasta nasional, seperti RCTI dan SCTV pada
tahun 1995-1996.
3. Periode
Aplikasi
Awal era millennium inilah,
pemerintah Indonesia serius menagngapi perkembangan telematika dalam bentuk
keputusan politik. Kebijakan pengembangan yang sifatnya formal
"top-down" direalisasikan dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden
No. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI), dan
Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika.
- · Trend Kedepan Telematika
Berkembangnya kemajuan teknologi
yang semakin pesat, masyarakat diharuskan untuk dapat mengikuti perkembangan
teknologi yang ada. Mengenai trend ke depan Telematika, merupakan kebebasan
individu untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai suatu trend (walau
sesaat) di dalam masyrakat. Hal terpenting dalam proses perkembangannya yaitu
dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tidak melanggar norma-norma yang
berlaku di masyarakat. Sehingga tidak merugikan pihak lain dan tidak
menguntungkan diri sendiri (egois). Sehingga trend ke depan telematika dapat
menjadi suatu trend yang dapat diterima dan dinikmati oleh seluruh masyarakat,
baik dari kalangan atas maupun dari kalangan bawah.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) juga tidak akan kalah dengan perkembangan TIK saat ini.
Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor,
penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi
terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi
berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan
akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan
faktor baru dari perkembangan teknologi.
Antarmuka pun sudah semakin bersahabat,seperti
software Microsoft, desktop Ubuntu, GoogleApps, YahooApps Live.
Semua itu berlomba-lomba menampilkan
antarmuka yang terbaik dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin
tinggi. Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan
informasi yang dibutuhkan oleh penggunannya. Pada akhirnya, era robotik akan
segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar
yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah,
termasuk di tanah air. Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus
berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih
baik.
Ada lima kelompok industry yang berperan besar dalam
perkembangan trend telematika ke depan, diantaranya:
- Infrastruktur Telekomunikasi (biasanya resiko bisnis paling besar)
- Infrastruktur Internet (biasanya resiko bisnis sedang & rendah)
- Hosting service (biasanya resiko bisnis rendah)
- Transaction type service (biasanya resiko bisnis rendah)
- Content / knowledge producer (biasanya resiko bisnis rendah)
Sumber:
·
http://sindhunataprayoga.blogspot.co.id/2015/09/sejarah-telematika.html
0 comments:
Post a Comment