PENDAHULUAN
LATAR
BELAKANG
Manusia memang tidak bisa jauh dari
teknologi. Dulu kehidupan manusia sangatlah sederhana. Tapi setelah
bangsa barat menciptakan suatu kecanggihan, dunia seakan berubah
menjadi modern. Semua menjadi mudah setelah adanya teknologi yang
masuk. Seakan – akan teknologi menjadi benda ajaib untuk segala
kebutuhan.
Perhatikan saja dulunya surat ataupun
komunikasi secara langsung saja sangatlah susah dan membutuhkan waktu
yang cukup lama. Namun sekarang mudah untuk membantu kegiatan umumnya
manusia. Misalnya saja handphone, pesat sekali munculnya di
Indonesia. Bukan hanya orang dewasa yang bisa memilikinya, tapi anak
– anak juga kebanyakan memegangnya. Contohnya saja siswa – siswi
sekolah, di sekolah saja pelajar berlomba – lomba untuk handphone
yang paling bagus. Nah, dengan hal itu berarti memang populer dan
berpengaruh dalam kegiatan belajar di sekolah.
Teknologi
merupakan suatu hasil dari perkembangan zaman yang memiliki beberapa
dampak. Seperti sekarang ini, teknologi makin pesat dan dimiliki
publik terutama siswa. Teknologi tersebut telah menumbuhkan kecanduan
para pelajar karena hampir semua pelajar telah memiliki barang –
barang teknologi, misalnya handphone dan jaringan internet. Tema ini
saya pilih karena saya melihat siswa – siswi sekarang sudah
berkecanduan dengan gadget – gadget terbaru.
Mengingat bahwa teknologi adalah sebagai
alat untuk mempermudah suatu pekerjaan, masyarakat banyak sekali
memanfaatkannya untuk kegiatan masing – masing. Terutama di setiap
sekolah dalam bidang pendidikan, sangatlah perlu untuk mendukung
fasilitas siswa – siswi dalam belajar. Namun siswa kebanyakan tidak
memikirkan bagaimana barang tersebut bisa diperoleh. Kebanyakan
pelajar sekarang mendapatkannya dari orang tua dengan paksa.
Memang teknologi saat ini telah menguasai
pikiran siswa dan itu sulit untuk di cegah lagi. Hal tersebut juga
bisa membahayakan bagi pelajar dengan pengguanaanya yang tidak bisa
di batasi lagi. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor
misalnya kekurangan pengawasan dari orang tua dan juga perhatian
untuk bisa mengurangi kecanduan tersebut. Oleh karena itu, perlu
pengawasan dan pengajaran khusus kepada para pelajar.
PEMBAHASAN
A.
Peran teknologi terhadap pendidikan
Teknologi juga saat ini mempunyai pengaruh yang
positif dan negatif. Karena teknologi juga menjadi motivasi untuk
siswa dalam hal belajar dan juga sebagai media belajar. Dampak
positif bisa kita lihat dari siswa yang terkadang mengerjakan tugas
sekolah dengan teknologi yaitu internet dan hal tersebut bisa
memudahkan dalam penyelesaian. Dari internet bisa didapat berbagai
macam informasi yang bisa membuka wawasan pelajar. Untuk itu jangan
heran bila pelajar sekarang sering menggunakan internet.
Menurut
Rosenberg (2001)
teknologi mempunyai peran dalam proses pembelajaran bagi pelajar
yaitu:
- Pergeseran dari pelatihan ke penampilan
- Pergeseran dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja
- Pergeseran dari kertas ke online / saluran
- Pergeseran Dari waktu siklus ke waktu nyata
- Pergeseran fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
Untuk itu saat ini siswa perlu dituntun untuk
lebih kreatif dan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Dengan
kemajuan teknologi ini, telah dikembangkan sebuah ruang belajar dalam
dunia internet yaitu E-Learning. Tetapi siswa juga disarankan untuk
tidak terlalu menggunakan internet sebagai sarana belajar.
Sebagai pelajar memang mempunyai kewajiban untuk belajar dengan baik.
Jika memang harus dengan internet, gunakan internet untuk kebutuhan
yang memang ingin mencari dan memperoleh informasi.
Banyak sekali orang – orang yang
menggantungkan sebagian hidupnya pada internet. Mungkin bisa di lihat
dari hal itu, pelajar – pelajar sekarang sering menggunakan
internet untuk bahan belajar. Teknologi memang mempunyai peran yang
sangat banyak dan menguntungkan bagi orang – orang maupun pelajar
yang menggunakan internet ataupun gadget – gadget dengan baik.
Dari informasi – informasi yang saya dapat,
teknologi bagi pelajar mempunyai peran dan manfaat bagi siswa –
siswi, yaitu :
- Teknologi sebagai alat bantu
maksudnya, dari teknologi dan internet, minat
belajar siswa bisa bertambah, karena dari internet informasi apapun
bisa di peroleh.
- Komputer mampu menyimpan informasi
setelah kita mencari ataupun membuat artikel di
komputer, kita bisa menyipannya di komputer tersebut.
- Informasi yang mudah di akses
informasi apapun bisa di akses sesuai dengan
apa yang di butuhkan dalam penyelesaian tugas.
- Menghilangkan jarak antara waktu dan ruang
Dari
internet untuk mencari informasi, tidak perlu untuk pergi ke warnet
selagi punya laptop ataupun komputer. Dengan itu, tidak lagi
memikirkan waktu dan ruang. Dari manfaat itu, bisa juga belajar
online, tugas pun cepat selesai.
B.
Tujuan pengawasan bagi penggunaan internet
Internet, handphone
dan komputer sekarang sudah
dimana – mana dan mudah di jangkau oleh masyarakat terutama siswa.
Internet, handphone, dan komputer juga bisa disalah gunakan oleh
pelajar – pelajar sekarang tanpa pegawasan oleh orang tua ataupun
guru di sekolah. Hal tersebut juga memiliki dampak positif bagi
pelajar, yaitu :
- Dengan adanya fasilitas internet kaum pelajar akan lebih mudah mengakses sebuah informasi yang terkait dengan pelajarannya. Informasi yang didapatkannya akan lebih luas dengan membaca beberapa referensi yang dapat disaring untuk mencapai sebuah titik temu kesimpulan untuk menambah pengetahuan.
- Dapat menambah begitu luas jaringan melalui forum, media sosial dan lain sebagainya guna melakukan diskusi dalam hal positif seperti ilmu pengetahuan, wawasan sosial, keagamaan serta perkembangan teknologi terbaru.
- Dengan menggunakan layanan internet secara bijak dengan mengikuti berita-berita terbaru, pelajar diharapkan mampu kooperatif serta aktif dalam menyelami sebuah persoalan sosial yang terjadi dimasyarakat. Dari hal tersebut diharapkan pelajar akan mampu berpikir lebih dewasa dalam menghadapi suatu persoalan.
- Selain menambah wawasan, dengan layanan internet seorang pelajar juga dapat melatih kreatifitas dengan mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya dengan belajar berbisnis melalui internet.
Tetapi
diinternet juga terdapat negatif, yaitu :
- Penggunaan internet yang kurang bijak dapat berdampak semakin rusaknya kepribadian bahkan moral seorang pelajar. Misalnya menggunakan layanan internet untuk membuka situs-situs yang tidak semestinya diakses oleh usia pelajar.
- Selain mengakses situs yang tidak semestinya, pelajar yang malas akan menggantungkan sebuah tugas sekolah dengan copy paste konten yang ada diinternet tanpa perubahan dalam suatu tulisan kemudian mengumpulkan tugas tersebut. Hal ini akan mengakibatkan pelajar cenderung semakin menjadi pemalas.
- Dengan layanan internet juga dapat mengakibatkan pelajar akan cenderung lupa akan kewajiban belajarnya bila menggunakan internet hanya untuk bermain game atau sibuk dimedia sosial yang membahas persoalan diluar dari tema ilmu pengetahuan.
Nah, dari hal – hal negatif tersebut orang
tua seharusnya bisa membimbing bagaimana cara menggunakan dan
memanfaatkan teknologi yang benar. Perlu disayangkan bila orang tua
tidak memperhatikan anaknya dengan baik. Di
sekolah saja, siswa – siswi
dapat menyeleweng di saat jam pelajaran di mulai, misalnya di saat
pelajaran di mulai, siswa menggunakan handphone dengan membuka situs
yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran. Dari sinilah bisa
diamati tujuan pengawasan yaitu untuk membimbing para pelajar agar
bisa menggunakan teknologi dengan baik dan bermanfaat untuk para
siswa dalam dunia pendidikan. Memang sangat penting dan perlu di
adakan suatu pengawasan yang cukup terhadap pengguna – pengguna
internet disekolah terutama pelajar. Apabila tidak dilakukan sejak
dini atau awal, akan terjadi penyelewengan
yang cukup besar. Pelajar – pelajar sekarang suka dengan Game
Online di internet dan komputer.
Hal itu tidak bisa di biarkan begitu saja,
penting sekali dengan pencegahan yang di adakan di sekolah, dengan
bekerja sama dengan siswa – siswi di sekolah. Dari kerja sama itu,
di perlukan kesadaran dari siswa- siswi. Terlalu bermain game memang
tidak baik untuk kerja otak anak. Karena anak bisa malas dalam
belajar ataupun berpikir positif.
C.
Pencegahan penyalahgunaan teknologi
Perlu pengawasan bagi setiap anak dalam
penggunaan barang-barang teknologi yang tak terbatas lagi jumlahnya.
Setiap jam, menit, ataupun detik saja pelajar sudah menggunakan
teknologi yang tidak pernah memperhatikan waktu. Kebanyakan pelajar
sekolah menggunakannya untuk kesenangan paara siswa sendiri. Entah
dalam kegiatan disekolah yaitu KBM berlangsung ataupun di rumah saat
belajar malam, tidak kenal waktu untuk teknologi.
Memang susah sih, tapi memang perlu adanya
suatu kesadaran dalam diri maupun dari orang tua sendiri yang
mencegahnya. Misalnya dengan memikirkan bahwa kalau dengan bermain
handphone, internet, dan computer bisa membuat mereka kegiatan
belajar para siswa-siswi menjadi terganggu. Orang tua juga bias
membimbing anaknya dengan menasehati bagaimana dampak – dampak dari
pengguna teknologi, dan juga bisa dengan mengajarkan bagaimana
pengguna handphone ataupun internet dengan benar. Di sekolah
sebaiknya juga diadakan razia untuk siswa – siswi yang nakal dalam
kegiatan KBM. Memang tidak banyak guru yang tahu tentang kejadian
itu, tapi setidaknya dengan adanya suatu razia di sekolah siswa –
siswi bisa merasakan bagaimana jika gadget – gadget tersebut tidak
ada di tangan pengguna. Dengan adanya razia, bisa terbentuk kembali
rasa kesadaran diri karena kedisiplinan ataupun tanggung jawab bisa
muncul kembali.
Selain bermain internet di waktu pelajaran di
mulai, di luar sekolah saja yaitu di rumah, siswa – siswi banyak
sekali mengalami resiko yang terjadi dari keseringan menggunakan
internet dan handphone, yaitu :
- Perilaku sosian menyimpang
- Prestasi sekolah menurun
- Suka berbohong
- Membolos sekolah
- Pornografi
- Kesehatan mata terganggu
- Malas melakukan aktifitas
- Tawuran antarpelajar
- Kejahatan dunia maya
- Mengucapkan kata – kata yang tidak senonoh
Sudah banyak yang bisa di amati dari
kegiatan sehari – hari bagi dari pelajar. Dari hal itu, bisa lebih
di kondisikan untuk pelajar – pelajar yang suka bermain internet
ataupun game online agar tidak melupakan kewajibannya untuk beajar.
PENUTUPAN
Simpulan
- Teknologi merupakan suatu hasil dari perkembangan zaman yang memiliki beberapa dampak.
- Teknologi adalah sebagai alat untuk mempermudah suatu pekerjaan, masyarakat banyak sekali memanfaatkannya untuk kegiatan masing – masing.
- Siswa – siswi sekarang sudah berkecanduan dengan gadget – gadget terbaru.
- Teknologi bisa juga membahayakan bagi pelajar dengan pengguanaanya yang tidak bisa di batasi lagi.
- Kecanduan bisa terjadi karena beberapa faktor misalnya kekurangan pengawasan dari orang tua dan juga perhatian untuk bisa mengurangi kecanduan tersebut.
- Teknologi juga saat ini mempunyai pengaruh yang positif dan negatif.
- Siswa perlu dituntun untuk lebih kreatif dan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik.
- Dari teknologi siswa – siswi bisa melakukan penyelewengan yang tidak diketahui siapapun.
- Menghilangkan jarak antara waktu dan ruang
- Informasi yang mudah di akses
- Komputer mampu menyimpan informasi
- Teknologi sebagai alat bantu
Saran
Sebaiknya sebagai pelajar, harus bisa
memanfaatkan internet maupun gadget – gadget dengan baik. Apalagi
dari internet banyak sekali hal – hal yang bisa membuat pelajar di
sekolah menjadi kecanduan dan lengah. Dapat di katakan lengah dalam
hal belajar, yaitu di saat belajar bisa mengganggu pikiran siswa
karena terlalu sering barmain game ataupun handphone.
Daftar Rujukan
Murtopo. 2008. Arsip
untuk 10 dampak negatif internet bagi pelajar. (online),
(http://cauchymurtopo.wordpress.com/tag/10-dampak-negatif-internet-bagi-pelajar/
, diakses 1 Mei 2013).
Apotas.
2011. Manfaat teknologi bagi pelajar. (online),
(http://www.apotas.com/dampak-teknologi-terhadap-pendidikan-di-era-digitalisasi/, diakses 1 Mei 2013).
http://adf.ly/3302408/banner/http://harzsmasa.blogspot.co.id/2013/04/karya-tulis-ilmiah-dengan-tema-teknologi.htm
0 comments:
Post a Comment